Backlink Berkualitas Dan Penjelasan Sederhananya

Backlink Berkualitas Dan Penjelasan Sederhananya

Memiliki backlink berkualitas merupakan salah satu hal yang menjadi tujuan utama dari aktivitas link building yang dilakukan oleh para praktisi dan pakar seo. Standar kualitas dari sebuah backlink juga memiliki berbagai macam varian, dari mulai page rank, umur domain, relevansi, authority, dan lain sebagainya.
Sebelum membahas mengenai topik backlink berkualitas,  ada baiknya kita membahas mengenai proses atau aktivitas pembuatan link atau yang biasa disebut dengan link building.

 

Istilah link building tentunya bukan merupakan kalimat asing terutama bagi para praktisi SEO, dimana link building merupakan faktor fundamental dalam SEO dan merupakan proses yang akan selalu menjadi bagian dalam website marketing.

 

Mengapa Backlink Yang Berkualitas

Mengapa link building? Mengapa backlink berkualitas? Link disini memiliki dampak yang dapat mempengaruhi rangking website anda pada search engine. Konsep dasar penggunaan link dalam tolak ukur penting atau tidaknya suatu website pertama kali dipopulerkan oleh mesin pencari terbesar di dunia saat ini yaitu Google, dengan mengimplementasikannya sistem algoritme page rank.

 

Secara sederhana setiap link yang mengarah ke suatu web page merupakan “signal” bahwa web page tersebut penting bagi pengguna internet bagi search engine, dan web page dengan “signal” terbanyak merupakan web page yang pantas untuk tampil di urutan teratas search engine.

 

 

Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Backlink

Relevansi
Relevansi merupakan faktor penting dalam pembuatan  backlink atau link building, link yang berasal dari sebuah web yang memiliki topik sama dengan web yang kita optimasikan link buildingnya tentu akan lebih bernilai dan berkualitas dibandingkan dengan link yang berasal dari website dengan topik isi yang berbeda.

 

Sebagai contoh sebuah web yang memiliki link yang berasal dari sebuah website review layanan internet marketing di indonesia, maka hal tersebut akan memberikan “signal” kepada search engine bahwa web tersebut merupakan web layanan internet marketing yang memberikan layanan di Indonesia.

 

Authority
Selain relevansi, authority suatu web yang menjadi faktor penting dalam backlink. Link dari suatu web yang memiliki authority tinggi dan relevansi maksimal tentunya akan mendapatkan nilai lebih dihadapan search engine.

Sehingga apabila kita memiliki suatu website yang bertopik mengenai internet marketing, maka memiliki link yang berasal dari authority site di bidang internet marketing merupakan suatu keharusan, walaupun dalam hal ini search engine sendiri tidak memberikan data mengenai site-site yang ber-authority tinggi berdasarkan bidang tertentu dan hal inilah yang membuat proses link building berkualitas akan semakin rumit.

 

Trust
Trust atau faktor kepercayaan berbeda dengan authority. Authority secara awam dapat berarti website yang memiliki reputasi berdasarkan online branding. Website yang memiliki authority tinggi memiliki trust yang tinggi, namun web yang memiliki trust belum tentu ber-authority.

 

Baik Google, Yahoo dan Seomoz dengan Mozranknya memiliki cara sendiri-sendiri dalam menilai trust rank suatu website. Salah satu faktor yang bisa digunakan untuk menganalisis trust rank suatu website adalah bounce rate dari site tersebut atau jumlah klik yang pointing out dari website tersebut.

 

Anchor text
Mesin pencari menggunakan anchor teks sebagai cara untuk memahami suatu link yang berada dalam suatu web page. Dampak dari anchor teks sangat besar sekali, begitu besarnya hingga bisa membuat rangking web menjadi naik atau bahkan turun drastis.

 

Beberapa update algoritma yang dilakukan oleh google akhir-akhir ini pun memiliki kaitan erat dengan anchor text. Anchor text dapat berupa branding, commercial keyword dan lain sebagainya.

 

Bagaimana Search Engine Menggunakan Backlink Sebagai “Signal”

Indexing
Search engine harus memutuskan website yang pantas untuk ditampilkan di posisi teratas tampilan mesin pencari. Menemukan suatu halaman web berdasarkan link-link yang ada pada halaman web lain merupakan sistem yang dilakukan oleh robot-robot search engine (spider).

 

Jenis dan nilai sebuah link seperti link juice dan sebagainya merupakan salah satu faktor search engine untuk menentukan keputusan tersebut.

 

Crawling
Robot-robot search engine melakukan aktivitas crawling setiap harinya, menentukan halaman web mana yang akan dicrawl oleh robot. Google spider akan lebih mendahului dan mengutamakan web yang memiliki konten yang memiliki kualitas tinggi, juga berbanding lurus dengan frekuensi crawling.

 

Setiap web yang memiliki page rank tinggi akan lebih sering dikunjungi dibandingkan dengan web yang memiliki page rank rendah. hal ini yang menjadi alasan mengapa memiliki backlink di web yang memiliki page rank tinggi merupakan prioritas.

 

Rangking
Link memiliki salah satu peranan penting dalam pe-rangkingan di search engine. Sebagai contoh , dengan membandingkan 2 web online retail seperti TokoelektronikA.com dan tokoelektronikB.com, dengan produk yang sama search engine perlu memutuskan produk dari web mana yang akan ditampilkan posisi teratas : TokoelektronikA.com atau tokoelektronikB.com ?

 

Disinilah link akan berperan, apabila lebih banyak website yang me-linking, website yang memiliki relevansi, authority dan trust banyak yang me-link ke salah satu toko tersebut maka kemungkinan besar toko tersebut akan memiliki rank yang bagus.

 

Bagaimana Search Engine Menilai Suatu Backlink

Search engine selalu mengevaluasi nilai suatu link untuk menentukan potensi suatu web yang ada pada link tersebut. Berikut merupakan beberapa konsep dasar bagaimana search engine menilai kualitas suatu link :

 

Sumber Sebuah Link
Sebuah link yang ada di website anda yang me-linking kembali ke website anda (internal linking) merupakan salah satu cara optimasi internal agar search engine mengenali infrastruktur website anda secara keseluruhan, hal ini pun menjadi “signal” untuk search engine agar lebih mengenal website secara eksternal.

 

Search engine selalu mengevaluasi link-link baik yang ada pada website anda maupun web-web lain yang me-linking menuju website anda, Sebuah link yang bersumber dari web lain tentunya memiliki bobot yang lebih baik dibandingkan dengan link yang berasal website anda sendiri.

 

Atau dalam hal ini link dari website yang memiliki IP address dan informasi kontak/pemilik yang berbeda. Dalam hal ini search engine menggunakan signal-signal tersebut untuk mendeteksi apakah link tersebut lebih mengarah kepada jenis internal linking atau lebih mengarah kepada inbound linking.

 

Kuantitas Domain Backlink
Semakin banyak link yang mengarah ke website milik kita merupakan tujuan utama dari adanya aktivitas link building, tapi ada hal yang mesti kita perhatikan, bahwa search engine menghitung multiple link yang berasal dari satu domain secara kumulatif. Lebih jelasnya 1000 link yang berasal dari 1 domain tidak akan memiliki bobot yang sama dengan memiliki 1 link yang berasal dari 1000 domain.

 

Alasan utama yang membelakangi hal tersebut adalah 1 link yang berasal dari satu website bisa dianalogikan sebagai 1 orang yang memberikan 1 suara dan satu orang bisa memberikan vote/ suara sebanyak yang orang tersebut mau.

 

Umumnya satu orang yang memberikan banyak suara juga bisa dianalogikan pada jenis backlink sitewide, dimana jenis backlink ini sering dikatakan oleh para pakar SEO sebagai backlink yang memiliki kualitas yang kurang baik. Sehingga meskipun multiple backlink dari satu domain masih bisa mempengaruhi website anda, namun search engine tetap akan melihat link berdasarkan dari kualitas bukan kuantitas.

 

Diversifikasi Sumber Backlink
Memiliki backlink dari sumber yang bervariasi merupakan salah satu faktor yang signifikan, dalam hal ini berarti memiliki link yang berasal dari domain website yang bukan milik anda dan link dari banyak domain yang berbeda baik dalam jenis, ekstensi dan lain sebagainya.

 

sebagai contoh, apabila website anda banyak memiliki link yang berasal dari web bertipikal blog, maka hal ini terlihat kurang berkualitas dihadapan search engine, dan anda perlu menambahkan source link lain seperti yang berasal dari social media, social bookmarking dan lain sebagainya. Hal ini yang disebut dengan diversifikasi dalam proses aktivitas link building, yang merupakan hal yang disarankan oleh banyak praktisi SEO.

 

Apabila link anda hanya berasal dari satu single class website saja maka hal tersebut lebih terlihat sebagai manipulasi dan tentunya search engine tidak menyukai hal tersebut. Dan apabila website anda memiliki link-link yang berasal dari banyak varian source dan domain, hal tersebut dapat menjadi signal positif bahwa website anda memiliki nilai dan kualitas lebih. Hal ini pula yang melatar belakangi search engine untuk melakukan update pada algoritmanya seperti google penguin.

 

Faktor Eksistensi Sebuah Link

Search engine sangat memperhatikan secara detail asal usul yang ada pada sebuah link dari segala aspek. seperti beberapa contoh berikut :

 

Kapan dari mana link tersebut berasal
Mengapa link tersebut bisa tampil di suatu halaman web dan kapan link tersebut mulai muncul? informasi ini bisa digunakan oleh search engine untuk menentukan kualitas sebuah link apabila dibandingkan dengan umur sebuah website yang memiliki backlink tersebut. Apakah memang link tersebut muncul dari website berjenis news atau social bookmarking dan lain sebagainya

 

Eksistensi sebuah link
Berapa lama umur link yang ada pada sebuah halaman website. Semakin lama umur sebuah link akan semakin memperlihatkan bahwa link tersebut ada pada website yang berkualitas. Hal ini tentunya merupakan salah satu alasan mengapa kita harus memilih website yang bukan temporary web, maksudnya website yang “tidak serius” karena kemungkinan untuk hilangnya backlink akan semakin besar.

 

Seberapa cepat link tersebut dibuat
Apakah ada kenaikan jumlah yang signifikan dari link tersebut? bagaimana apabila dibandingkan dengan link yang lain? Bertambahnya jumlah link dalam waktu yang sangat singkat umumnya dapat memberikan signal negatif kepada search engine.

 

Konten Dan Relevansi

Meskipun anchor text merupakan salah satu signal bagi search engine untuk menentukan relevansi sebuah halaman web, search engine juga sangat memperhatikan konteks secara mendalam yang ada pada sebuah link. Berikut merupakan beberapa contoh mengenai hal tersebut :

 

Link terdekat
Apakah link -link yang ada pada sebuah halaman web menunjukan relevansi dan korelasi yang sangat kuat? Dimana hal tersebut merupakan signal positif untuk search engine mengenai keakuratan sebuah halaman web dalam hal ini web yang berkualitas dalam relevansi dan korelasi antar konten.

 

Sebagai contoh apabila sebuah website yang memiliki konten mengenai internet marketing memiliki eksternal link yang mengarah ke web lain yang juga membahas internet marketing, tentunya hal tersebut akan membantu search engine untuk menentukan bahwa isi dari web tersebut merupakan topik mengenai internet marketing.

 

Penempatan link
Dimanakah posisi link tersebut? apakah pada bagian konten atau footer? di bagian halaman web manakah link tersebut ada?  Penempatan link yang baik akan mempengaruhi rangking bagi website yang di-link kan tersebut.

Kualitas antara link yang berada di konten tentunya akan berbeda dengan kualitas link yang berada pada kolom kanan/kiri. Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa memiliki terlalu banyak backlink bertipe sitewide sangat tidak disarankan, karena dapat memiliki pengaruh buruk di mata search engine sehingga website kita akan dianggap tidak memiliki backlink berkualitas..

Teks terdekat

Apakah link berikut anchor text yang ada pada sebuah halaman berhubungan dengan konten yang ada pada web tersebut? kata-kata sebelum dan sesudah yang ada pada sebuah anchor text link merupakan salah satu faktor untuk menentukan kualitas sebuah link.

Terkadang kita sering melihat sebuah anchor link yang secara paksa dibuat sedangkan kata sebelum dan sesudahnya sama sekali tidak berhubungan dengan konten dari link tersebut.

 

Konten Halaman Secara Keseluruhan

Relevansi dan konten struktut yang ada pada keseluruhan halaman web juga menjadi faktor penting dalam penentuan kualitas sebuah link. Baik gambar, internal link, header (H1, H2, dst.), video dll, apabila semua hal tersebut memiliki kaitan topik yang sangat erat dengan link yang ada maka tentunya akan membuat link tersebut semakin berbobot.

 

Konten website secara keseluruhan

Konten keseluruhan yang ada pada suatu website berikut tipe dan jenis website mempengaruhi kualitas sebuah link yang ada pada web tersebut. Sebagai contoh apabila anda memiliki backlink yang berasal dari sebuah website yang memiliki konten yang terkait dengan website milik anda maka hal tersebut akan membantu pe-rangkingan anda di dalam search engine.

TLD Dari sebuah Backlink

Memiliki sebuah link yang berasal dari Top Level Domain seperti .ac.id, .go.id, dan lain sebagainya banyak dicari oleh pakar SEO dimana terdapat anggapan bahwa memiliki backlink yang berasal dari TLD tersebut akan memiliki pengaruh yang sangat positif di hadapan search engine. Tapi sebenarnya Search Engine pun memiliki pandangan lain mengenai backlink yang berasal dari TLD tersebut.

 

Seperti yang dikatakan oleh Matt Cutts, mantan Head Of Google Webspam Team pada salah satu wawancaranya mengatakan bahwa backlink yang berasal dari .edu dan sejenisnya dapat dimanipulasi, dimana saat ini terdapat banyak web seperti forum, blog dan halaman web lain yang dapat dengan mudah untuk mendapatkan backlink dari web TLD tersebut.

 

Sebagai contoh anda bisa melakukan pencarian di google : buy viagra site:.edu, akan terlihat banyak hasil pencarian yang berhubungan dengan queri tersebut. Namun sebenarnya memang tidak dapat disangkal, bahwa backlink dari domain TLD akan membawa pengaruh yang besar terhadap posisi di search engine dengan beberapa ketentuan seperti kualitas dari halaman domain TLD itu sendiri.

 

Tentunya apabila anda memiliki backlink di domain TLD yang memang benar-benar berkualitas seperti memiliki relevansi yang tinggi, berikut link-link yang keluar dari halaman domain TLD tersebut memang berhubungan, hal itu tentunya akan sangat memberikan bobot bagi website anda.

 

Alasan Mengapa Link Dibuat

Dalam permasalahan mengenai link, alasan mengapa link tersebut dibuat secara psikologis juga dapat mempengaruhi kualitas dari sebuah backlink. Dan terdapat beberapa alasan munculnya sebuah link pada sebuah halaman website seperti di bawah ini:

 

a. Dibayar untuk menempatkan sebuah link atau paid link. Dimana hal ini merupakan hal yang dapat membahayakan pemilik website dengan adanya algoritma google terbaru yang melarang aktivitas tersebut.

 

b. Pertukaran link atau hal yang biasa disebut dengan reciprocal linking. hal ini pun merupakan sesuatu yang dilarang oleh google dan dapat menyebabkan menurunnya peringkat dari search engine.

 

c. Adanya reaksi emosional yang menyebabkan seseorang/pemilik web untuk membuat link tersebut.

d. Pemilik web melihat sesuatu yang memiliki nilai lebih pada halaman web lain dan membuat link pada halaman websitenya.

 

e. Relasi dan hubungan bisnis yang menyebabkan terjadinya sebuah link.

 

Point c, d dan e merupakan kunci kesuksesan dalam pembuatan backlink berkualitas. Untuk point c dan d, hal tersebut dapat terjadi salah satunya apabila website tersebut memiliki konten yang benar-benar menarik dan murni, mengandung informasi yang sangat berguna untuk orang lain dan membangkitkan keinginan orang lain untuk menampilkan link tersebut dalam webnya.

 

Sedangkan untuk point e, hal ini umumnya terjadi seperti pada hubungan antara distributor, retailer dan reseller mereka memiliki website dengan topik yang tentunya memiliki kaitan dan memiliki kepentingan yang sama. Semoga blog post ini dapat membantu saya dan anda untuk memahami apa dan bagaimana backlink yang berkualitas dalam beberapa sudut pandang yang berbeda dan mendalam.

Haryo Wibowo

Digital marketing manager at kliknklik.com. A/B testing maniacs , fall in love with metrics, conversions, SEO, big data and ecommerce . Like to play guitar all day and see new things.

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.