Bagaimana Cara Kerja Mesin Pencari Google ?

Bagaimana Cara Kerja Mesin Pencari Google ?

Bagaimana cara kerja mesin pencari Google ? Pertanyaan tersebut mungkin sering terlintas saat anda melakukan pencarian sebuah informasi yang anda anggap penting di internet melalui mesin pencari seperti Google.

 

Search engine atau mesin pencari merupakan sebuah mesin penjawab, ketika seseorang mencari suatu informasi secara online tentunya memerlukan mesin pencari untuk memilah informasi dari milyaran data yang ada di internet.

 

Hasil ditampilkan tentunya harus menampilkan dua unsur. Yang pertama hasil pencarian harus merupakan informasi yang relevan dengan kata yang diketikan oleh pengguna dan yang ke dua adalah informasi diurutkan berdasarkan berguna atau tidaknya konten dari informasi yang ditampilkan terhadap para pengguna mesin pencari.

 

Crawling, Indexing dan Rangking

Mesin pencari memiliki 3 fungsi utama yaitu melakukan perayapan (crawling) seluruh data dan informasi website yang ada di internet yang dilanjutkan dengan proses indeks (indexing) dan kemudian menampilkan urutan informasi yang telah di indeks (rangking ) tersebut berdasarkan faktor-faktor seperti popularitas, relevansi dan lain-lain.

 

Bagaimana Google Melakukan Crawling

Proses crawling data merupakan proses yang dilakukan oleh Google Bot, dimana google memiliki perangkat komputer super canggih yang dilengkapi program yang bertugas untuk merayapi setiap website yang ada di internet.

 

Program tersebut umum disebut dengan Googlebot. Program Google bot menggunakan proses algoritma rumit seperti pengaturan website mana saja yang harus dirayapi, seberapa sering website tersebut dirayapi hingga berapa halaman web dari setiap website tersebut yang akan dilakukan pengambilan data/informasi.

 

Perayapan google dimulai dari melakukan pendataan url-url suatu website yang dihasilkan dari proses perayapan sebelumnya, proses tersebut juga dibantu dengan adanya sitemap yang dibuat oleh pemilik website.

 

Google bot melakukan perayapan ke setiap halaman website, mendeteksi setiap link yang ada pada halaman web tersebut, dan memasukannya kedalam daftar halaman web yang akan dirayapi.

 

Setiap terdapat halaman website yang baru, perubahan pada konten halaman website, penambahan atau pengurangan link hingga link pada suatu halaman website yang tidak berfungsi (404 not found ) , semua data tersebut akan terekam dan dilakukan update untuk selanjutnya melakukan proses indeks.

 

Indexing Data Halaman Website

Google bot memproses data setiap halaman web yang dihasilkan dari proses perayapan seblumnya untuk dilakukan indeks. Dalam proses indeks ini Google melakukan pendataan terutama mengenai konten tags seperti tag judul halaman dan atribute ALT.

 

Data yang diproses google dalam pengindeksan mencakup semua tipe halaman website seperti teks, gambar dll. Namun untuk beberapa tipe file dinamis seperti flash data tersebut tidak dapat diproses.

 

Ranking Informasi Yang Ditampilkan

Saat pengguna internet melakukan pencarian via mesin pencari google, perangkat komputer milik google melakukan pencarian data yang telah selesai dilakukan pengindeksan berdasarkan relevansi informasi yang dicari oleh pengguna mesin pencari tersebut.

 

Hasil dari pencarian tersebut akan ditampilkan berdasarkan urutan yang ditentukan oleh lebih dari 200 faktor seperti relevansi konten , CTR saat url web anda tampil di listing search engine, popularitas berdasarkan social media, jumlah hingga kualitas link yang pointing ke halaman web.

 

Memahami lebih dalam tentang proses crawling, indexing dan ranking akan membantu anda untuk mengoptimalkan performa website.

Haryo Wibowo

Digital marketing manager at kliknklik.com. A/B testing maniacs , fall in love with metrics, conversions, SEO, big data and ecommerce . Like to play guitar all day and see new things.

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.