Pengertian SEO (Search Engine Optimization)

Pengertian SEO (Search Engine Optimization)

Dengan semakin banyaknya jumlah pengguna internet yang berbanding lurus dengan jumlah website yang ada di Internet, berdasarkan hal tersebut peranan search engine atau mesin pencari sebagai sumber pengumpul informasi di dunia maya pun menjadi signifikan.

 

Berbicara mengenai mesin pencari tentunya tidak dapat dipisahkan dari istilah SEO yang akhir-akhir ini semakin banyak dibicarakan oleh banyak orang terutama oleh para webmaster dan pakar internet marketer.

 

Pengertian SEO / Search Engine Optimization

Search engine optimization atau SEO merupakan sebuah aktivitas yang dilakukan dengan tujuan meningkatkan kunjungan (traffic) ke suatu website, baik dalam meningkatkan jumlah/kuantitas maupun kualitas yang berasal dari mesin pencari ( organic search ) dengan menargetkan kata kunci tertentu.

 

Berdasarkan pengertian SEO di atas maka terdapat 3 kata kunci yaitu : Jumlah/kuantitas dari traffic , kualitas traffic dan organic search traffic.

 

Kuantitas traffic : semakin banyak traffic yang datang ke website anda yang berasal dari mesin pencari, tentunya hal tersebut akan berdampak positif terhadap website bisnis anda baik dalam mengoptimalkan branding maupun memperkenalkan produk/jasa yang anda tawarkan.

 

Kualitas traffic : meskipun website anda memiliki traffic yang sangat banyak, tapi tidak berkualitas tentunya hal tersebut dapat menjadi masalah untuk anda. Seperti misalnya pengguna internet yang datang karena ingin membeli laptop namun website bisnis anda sebenarnya adalah website layanan reparasi laptop, tentunya potensi untuk terjadinya transaksi sangatlah kecil.

 

Lalu apa yang dimaksud dengan organic search ? Traffic yang berasal dari mesin pencari dibagi menjadi 2 jenis yaitu organic search dan paid search. Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat ilustrasi berikut :

 

Seperti anda lihat pada gambar di atas, paid search berada di dalam kotak berwarna biru sedangkan organic search berada di kotak berwana merah.

 

Traffic yang berasal dari paid search adalah traffic yang mengharuskan anda membayar untuk hal tersebut, dalam hal ini adalah penggunaan google adwords dimana anda membayar sesuai dengan jumlah klik yang telah ditetapkan.

 

Sedangkan traffic yang berasal dari organic search adalah traffic yang bisa anda dapatkan tanpa harus membayar karena website anda berada di peringkat teratas berdasarkan kata kunci tertentu.

Bagaimana Proses SEO

Google memiliki bot yang melakukan crawling yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi dari website-website yang ada di internet, kemudian informasi tersebut dikumpulkan untuk selanjutnya melakukan proses index.

 

Setelah proses tersebut selesai maka google akan menampilkan informasi tersebut berdasarkan kata kunci dengan sistem peringkat. Lebih lengkap mengenai proses crawling, indexing dan rangking lebih lengkapnya dapat anda lihat disini.

 

Pada proses di atas, google menggunakan algoritma ( yang selalu mereka update dengan tujuan untuk memperbaiki hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang digunakan), dan algoritma tersebut menghasilkan rangking factor ( faktor penyebab suatu website dapat memperoleh peringkat terbaik di mesin pencari ).

Haryo Wibowo

Digital marketing manager at kliknklik.com. A/B testing maniacs , fall in love with metrics, conversions, SEO, big data and ecommerce . Like to play guitar all day and see new things.

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.