Riset Kata Kunci Menggunakan Google

Riset Kata Kunci Menggunakan Google

Riset kata kunci merupakan salah satu aktivitas yang saya sukai. Terutama saat membuat campaign marketing plan, membuat page di web saya hingga sekedar melihat karakter customer saat menggunakan mesin pencari saat melakukan pencarian produk/informasi tertentu.

 

Kerennya .. untuk melakukan riset kata kunci, Google menyediakan beberapa tools yang gratis untuk aktivitas riset ini, diantaranya :

 

Google Keyword Planner

Google Search

 

Google Keyword Planners

Salah satu terbaik untuk riset kata kunci yang diberikan oleh google adalah Google Keyword Planners atau GKP. Tools ini sebenarnya dibuat untuk para advertiser, namun meskipun demikian anda tetap bisa mengakses tools ini tanpa harus beriklan di Google.  Anda cukup memiliki sebuah akun google kemudian membuka halaman Google Adwords dan melakukan registrasi.

GKP ini bisa anda temukan di menu tools pada kanan atas. Setelah halaman GKP terbuka maka anda akan melihat tampilan seperti ini :

 

 

Kemudian anda bisa klik “Search For new keyword ….. “, maka akan terbuka box seperti ini :

 

 

Keterangan :

Your product or service: kolom ini dapat anda isi dengan kata kunci terkait dengan bisnis anda yang akan diselidiki. Sebaiknya memasukan kata kunci yang berjumlah 2 kata atau lebih. ( semakin kecil jumlah kata yang anda masukan makan kata kunci tersebut akan semakin luas dan sangat kompetitif). Contohnya apabila memiliki bisnis toko online sepatu , maka sebaiknya memasukan kata kunci yang lebih spesifik seperti ” Jual sepatu kulit” , jangan hanya memasukan kata ” sepatu” saja.

 

Your landing page: Kolom ini ditujukan untuk pengguna Adwords. Bisa digunakan dengan mengisi URL home page atau sub-page hingga post artikel anda apabila ingin mengetahui kata kunci yang disarankan oleh Google terkait page tersebut.

 

Your product category: Kolom ini dapat memberikan informasi kata kunci terkait industri tertentu. Dan bisa digunakan untuk melihat apakah ada kata kunci yang terlewat dari kategori bisnis/industri yang kita optimasikan.

 

Targetting : Ada beberapa kolom disini mencakup target negara, bahasa dan mesin pencari yang akan anda selidiki. Anda bisa merubahnya ke Indonesia apabila atau negara lain, tergantung dari kebutuhan/area market bisnis anda.

 

Sedangkan untuk negative keyword adalah kata kunci yang tidak ingin anda masukan dalam tampilan data GKP misalnya anda riset untuk kata kunci “jual sepatu kulit” , tapi tentunya kata kunci “cara membuat sepatu” tidak terhubung dengan toko sepatu kulit anda meskipun secara topik masih memiliki hubungan. Nah anda bisa memasukan kata kunci  ” cara membuat sepatu” ke kolom negative keyword tersebut.

 

Setelah anda selesai mengisi kolom diatas maka akan terlihat tampilan informasi data berikut :

 

 

Keterangan :

Avg. monthly searches

Merupakan rata-rata berapa kali kata kunci tersebut dicari, namun sayangnya hasil pencarian dari average monthly search ini menggunakan range (tidak seperti versi sebelumnya yang menampilkan secara detail) namun tetap bisa digunakan sebagai acuan.

 

Competition

Data ini menunjukan seberapa ketat persaingan pada kata kunci yang ditunjukan. Semakin tinggi kompetisi- nya , menunjukan semakin komersil kata kunci tersebut.

 

Suggested bid (cost per click)

Merupakan biaya per klik yang disarankan oleh google adwords apabila anda akan memasang iklan untuk kata kunci yang dicari. Semakin tinggi nominal bid-nya, maka potensi traffic yang datang dari kata kunci tersebut akan semakin tinggi.

 

Add Grup Ideas

Pada tab ini kita bisa menemukan niche atau kata kunci yang masih memiliki kaitan dengan kata kunci yang kita selidiki.

 

 

 

Keyword Ideas

Mirip dengan Add Grup Ideas, pada tab keyword ideas juga menampilkan kata kunci yang masih memiliki relevansi dengan kata kunci yang kita selidiki.

 

 

Evaluasi Data Dari Google Keyword Tools

 

Volume Pencarian vs Kompetisi : Secara sederhana kita dapat mengambil kesimpulan , semakin tinggi volume pencarian bulanan namun kata kunci tersebut memiliki komp2tisi yang rendah (low) maka kata kunci tersebut akan semakin potensial.

 

Kompetisi vs suggested bid: Semakin tinggi kompetisi dan suggested bid pada suatu kata kunci , maka kata kunci tersebut memiliki potensi konversi yang tinggi/komersial. Umumnya kata kunci yang digunakan merupakan kata kunci transaksional seperti dengan “harga”, “jual”, “murah” dan sejenisnya.

 

 

 

 

Haryo Wibowo

Digital marketing manager at kliknklik.com. A/B testing maniacs , fall in love with metrics, conversions, SEO, big data and ecommerce . Like to play guitar all day and see new things.

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.